Building Innovation Culture

Innovative and Lateral Thinking

Every organiztion has to prepare for the abandonment of everything it does (Peter Drucker). Peter Drucker menekankan bahwa cara-cara lama mungkin sekali harus segera ditinggalkan. Lebih ekstrim lagi, Dr. Spencer Johnson menyatakan bahwa inovasi adalah syarat untuk sebuah perusahaan tetap hidup.

‘Only the paranoid will survive,’ kata Andy Grove, CEO dari Intel. Grove mendidik karyawannya untuk menjadi orang yang paranoid tentang kelemahan dari produk dan jasanya. Intel memiliki filosofi untuk segera mengkanibal produk prosesor Intel sebelumnya dengan produk prosesor Intel yang lebih baik. Hal ini menjadikan produk Intel menjadi inovatif dan selalu lebih baik.

Setiap karyawan memiliki tanggungjawab untuk mengevaluasi dan membuat perbaikan di samping mengerjakan pekerjaan utamanya. Setiap orang berkewajiban membuat apa yang ia lakukan menjadi semakin efektif dan efisien. Hal ini hanya bisa didapat bila setiap karyawan memiliki mental inovatif dan cara berpikir yang lateral. Kewajiban berinovasi bukan lagi semata menjadi tugas bidang Research and Development, namun sudah harus menjadi kultur organisasi yang ingin menjadi world class company.

Linus Pauling menyatakan bahwa cara terbaik untuk mendapatkan ide bagus adalah dengan mengumpulkan sebanyak mungkin ide. Untuk itu diperlukan banyak karyawan yang kreatif, agar muncul produk yang inovatif. Kreativitas adalah suatu proses intensional (harus sengaja dikembangkan), untuk membuat budaya inovatif. Budaya inovatif akan menghasilkan orang yang berpikiran lateral, yaitu berpikiran melalui banyak dimensi dan dari arah yang bermacam-macam. Edward de Bono menyatakan bahwa, You cannot look in a new direction by looking harder in the same direction.

Pelatihan ini ditujukan untuk 3 hal. Pertama, membentuk peserta menjadi pribadi yang menyadari potensi kreatif dalam dirinya. Kedua, membiasakan peserta untuk berpikir lateral dan menghasilkan sesuatu yang inovatif, melalui banyak latihan dan roleplay. Ketiga, membentuk organisasi yang berkultur inovatif dan lateral thinking. Peserta akan diberi visi, dilatih dengan skill inovatif dan lateral thinking, serta menjadikan hal ini sebagai budaya kerjanya.

Pelatihan ini dirancang berisikan metode penyadaran, pembelajaran, serta pembiasaan. Penyadaran berupa motivasi untuk menjadi pribadi yang kreatif dan membongkar kekonservatifan pikiran. Pembelajaran akan berisi teknik-teknik dalam berpikir lateral. Pembiasaan akan berisi latihan-latihan serta roleplay yang akan membuat peserta terbiasa untuk melakukannya.

Akhirnya Kent Ruth dengan tegas menyatakan bahwa orang tidak dapat hidup tanpa ide baru. Man can live without air for a few minutes, without water for a few days, without food for a few weeks, – and without a new thought for years on end.

Manfaat Program
1. Menyadarkan peserta akan perlunya menjadi pribadi yang inovatif dan berpikir lateral.
2. Membuat peserta mampu melakukan berbagai teknik yang berguna dalam pemecahan masalah secara lateral.
3. Membentuk peserta menjadi pribadi yang menyadari potensi kreatif dalam dirinya.
4. Membiasakan peserta untuk berpikir lateral dan menghasilkan sesuatu yang inovatif, melalui banyak latihan dan roleplay.
5. Membentuk pribadi-pribadi yang berbudaya inovatif, yang pada akhirnya akan membentuk organisasi yang inovatif.

Outline Materi
Part 1. Why Innovate?
• Past, Present and Future World
• Need for Innovation
• Creative problem solving
• Simulasi

Part 2. What is Innovation?
• Hubungan creativity, innovation, dan lateral thinking.
• Hukum kreativitas
• Common mistakes
• Berpikir biasa vs berpikir lateral

Part 3. How to Innovate? (1)
Empat TeknikMelatih Lateral Thinking
• Teknik brain storming
• Mengaktifkan berpikir lateral : teknik random word
• Mengaktifkan berpikir lateral : teknik scamper
• Enam topi berpikir

Part 4. How to Innovate? (2)
• Menciptakan organisasi yang selalu berinovasi
• Hambatan-hambatan dalam organisasi
• Etika dalam Innovative-Lateral Thinking

Metoda Pelatihan: Ceramah, multimedia, game, diskusi, roleplay.
Durasi Pelatihan:1 hari (08.00 – 17.00 WIB)

Info Lengkap dan Pendaftaran:
Mitra Pembelajar : 021-2210 3478; 08111 00 8766; 08111 00 6642; 08111 00 1873; info@mitrapembelajar.com

Views – 313

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *