5S : Menuju Perusahaan Kelas Dunia

5S adalah singkatan dari Seiri (ringkas–memilah), Seiton (rapi–menata), Seiso (resik–membersihkan), Seiketsu (rawat–menjaga dalam standar yang baik), Shitsuke (rajin–pembiasaan). Di Indonesia 5S mulai diperkenalkan pada bulan Mei 1991 dengan diundangnya Mr. Yashusi Fukuda oleh Pusat Produktivitas Nasional yang diikuti peserta dari beberapa perusahaan.

Semua orang tahu bahwa bersih dan rapi itu penting, tapi seringkali orang bingung harus mulai dari mana dan apa yang pertama kali dikerjakan. Banyak barang rusak dan tergeletak dan tidak tahu kapan akan diperbaiki. Banyak barang yang bisa langsung dipakai, tetapi tidak tahu kapan akan dipakai. Akhirnya waktu kerja habis hanya untuk mempertimbangkan mau diapakan barang tersebut. 5S memberi jawaban, karena 5S merupakan teknik penanganan yang tepat untuk rumah, pabrik, dan dimana saja. 5S berpengaruh langsung terhadap produktivitas. 

5S sangat penting karena adanya dampak sinergetik pada alur proses selanjutnya. Melakukan 5R tidak sulit, namun yang sulit adalah konsisten menerapkannya. Setiap orang dapat melakukan 5R. Jika seseorang tidak menerapkan 5R, maka sebenarnya ia tidak dapat melakukan pekerjaan lain. Perusahaan yang buruk tidak menerapkan 5R, atau menerapkan 5R dengan buruk. 5R adalah indikator pertama. BIdang sasaran 5S meliputi efisiensi kerja, produktivitas, kualitas, serta keselamatan kerja.

 

Pelatihan ini dirancang berdurasi 1 hari, dengan memasukkan unsur mentalitas dasar, ceramah, dan praktik. sekitar 70% aktivitas dan 30% ceramah dan motivasi. Selama workshop, peserta akan memperoleh skill, metode, dan teknik untuk menerapkan 5S dalam dunia kerja. 

Views – 2102

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *